Sunday, August 17, 2008

Tentang SMK N 4 Bojonegoro

Sebenarnya banyak sekali masukan, saran ataupun kritik yang ingin aku layangkan ke SMK N 4 Bojonegoro. Tentunya guna kemajuan sekolah tercinta kita ini.
Yang pertama, sekolah kita ini sebenarnya sangat berpotensi untuk menjadi sekolah favorit di Bojonegoro bahkan di Jawa Timur. Kenapa saya bilang begitu, karena sekolah kita ini mempunyai jurusan-jurusan yang unik serta memang sedang dibutuhkan oleh pasar pada saat ini.
Kedua, dengan mudahnya dana yang mengalir ke sekolah kita untuk berbagai macam pembangunan, tentunya tak lepas dari kepercayaan pusat bahwa memang sekolah kita ini amatlah penting.
Ketiga, setelah tau potensi sekolah kita, maka langkah selanjutnya adalah bagaimana kita menggarap sekolah ini agar bisa memenuhi standar sebagai sekolah berkompetensi nasional.
Tentunya banyak sekali berbagai pendapat, tapi penulis hanya berani memberikan gambaran apa yang sedang saya pikirkan:
1. Buatlah aturan serapi dan sedisiplin mungkin serta laksanakan.
Memang sangat mudah kita membuat aturan, namun konsisten terhadap aturan yang telah kita buat adalah merupakan PR bagi siswa maupun guru guna dilaksanakan.
2. Buat aturan standar pengajaran
Tidak terlalu menyombongkan diri, bahwa para siswa yang masuk ke sekolah kita adalah siswa pilihan dengan tingkat IQ menengah ke atas, maka pengajaran yang profesional akan sangat membantu dalam pengembangan kecerdasan siswa.
3. Selalu buat inovasi kegiatan
Untuk menyeimbangkan antara kepintaran dan kecerdasan dalam bersosialisasi dengan lingkungan sekitar, maka sangat penting untuk selalu mengadakan kegiatan rutin yang tujuannya menjadikan siswa suka berdiskusi serta senang bersosialisasi serta peduli terhadap alam sekitar.
4. Perluas wawasan OSIS dengan banyak studi banding keorganisasian
Sebagai organisasi resmi satu-satunya dalam lingkungan sekolah, tentu para anggotanya diharapkan sebagai suri tauladan bagi siswa lain sebagai insan yang aktif, kreatif, dan bertanggung jawab.
Demikian sedikit pemikiran yang bisa saya bagi buat semua. Namun saya akan lebih senang jika pendapat saya ini bisa mendapat timbal balik, baik dari siswa atau pun dari pihak sekolah sendiri. Tentunya saya sebagai alumni, akan senantiasa membuka tangan jika dibutuhkan.

No comments:

Post a Comment

SILAHKAN TULISKAN KOMENTAR ANDA!!!